Hati-Hati Terhadap Spam, Phishing, atau Perangkat Lunak Perusak di Blogger

KUMPULAN ADSENSE - Hati-Hati Terhadap Spam, Phishing, atau Perangkat Lunak Perusak di Blogger. Kita masih berbicara mengenai Pusat bantuan Google khususnya tentang Blogger. Kali ini mengenai Spam, phishing, atau perangkat lunak perusak di Blogger. Simak selanjutnya di bawah ini.

Hati-Hati Terhadap Spam, Phishing, atau Perangkat Lunak Perusak di Blogger

Hati-Hati Terhadap Spam, Phishing, atau Perangkat Lunak Perusak di Blogger

Tentang blog spam

Seperti pada banyak alat-alat canggih, layanan blog dapat digunakan serta dapat juga disalahgunakan. Kemudahan membuat dan memperbarui laman web dengan Blogger telah menjadikannya sangat rentan terhadap bentuk perilaku yang dikenal sebagai spam tautan. Blog yang terlibat dalam perilaku ini disebut blog spam, dan dapat dikenali dari teksnya yang tidak relevan, diulang-ulang, atau tidak masuk akal, bersama dengan tautan yang jumlahnya banyak, biasanya semua tautan tersebut mengarah ke satu situs.

Blog spam menyebabkan berbagai masalah, di luar hanya membuang sedikit waktu Anda ketika Anda kebetulan menjumpai blog semacam itu. Blog semacam ini dapat menghambat mesin telusur, sehingga mempersulit mesin telusur untuk menemukan konten autentik mengenai topik yang Anda minati. Blog tersebut dapat menyalin konten dari situs lain di web, menggunakan tulisan orang lain agar seolah-olah blog tersebut tampak memiliki informasi bermanfaat milik mereka sendiri. Dan jika sistem otomatis membuat pos spam dengan kecepatan yang sangat tinggi, hal itu dapat memengaruhi kecepatan dan kualitas layanan bagi pengguna lain yang sah.

Tentang perangkat lunak perusak

Jika situs Anda telah terinfeksi, hal itu biasanya karena beberapa kerentanan telah memungkinkan pembajak untuk mengambil kendali situs Anda. Pembajak dapat mengubah konten situs (misalnya, menambahkan spam), atau menambahkan laman tambahan ke situs, biasanya dengan maksud phishing (mengelabui pengguna agar membagi informasi pribadi dan kartu kredit). Atau, mereka dapat memasukkan kode berbahaya (perangkat lunak perusak)—misalnya, skrip atau iFrame yang mengambil konten dari situs web lain yang berusaha menyerang setiap komputer yang melihat laman tersebut.

Istilah “perangkat lunak perusak” mencakup segala jenis perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak komputer atau jaringan. Jenis perangkat lunak perusak mencakup (namun tidak terbatas pada) virus, cacing komputer, spyware, dan kuda Troya (Trojan). Setelah situs atau komputer disusupi, situs atau komputer ini dapat digunakan untuk meng-host konten berbahaya seperti situs phishing (situs yang dirancang untuk mengelabui pengguna agar membagi informasi pribadi dan kartu kredit). Beberapa pembajak bahkan dapat mengambil kendali administratif terhadap situs yang dibajak.

Tentang phishing

Situs web atau pesan phishing mencoba menjebak Anda agar mengungkap informasi pribadi dengan berpenampilan seperti sumber resmi, seperti bank, jaringan sosial, atau bahkan Google. Jika Anda menerima pesan yang mencurigakan, jangan berikan informasi yang diminta.

Situs web atau pesan phishing mencoba menjebak Anda agar mengungkap informasi pribadi dengan berpenampilan seperti sumber resmi, seperti bank, jaringan sosial, atau bahkan Google. Jika Anda menerima pesan yang mencurigakan, jangan memberikan informasi yang diminta. Kami telah menyertakan beberapa kiat untuk membantu Anda mengenali phishing dan menjaga keamanan akun Anda.

Berpikirlah sebelum mengeklik
Perhatikan layar info masuk.
Penjahat dunia maya dapat menggunakan tautan di email, tweet, pos, dan iklan online untuk mengarahkan Anda ke layar info masuk palsu, sehingga mereka dapat mencuri sandi. Masuklah ke akun hanya jika Anda yakin telah mengunjungi situs yang sesungguhnya secara langsung. Periksa alamat internet untuk memastikan.

Bagaimana cara mengenali phishing?
Anda harus selalu waspada terhadap pesan apa pun yang menanyakan informasi pribadi atau pesan yang mengarahkan Anda ke laman web yang menanyakan informasi pribadi. Jika Anda menerima pesan seperti ini, terutama dari sumber yang mengaku sebagai Google atau Gmail, jangan memberikan informasi yang diminta. Google tidak akan pernah mengirim pesan tidak diinginkan yang meminta sandi atau informasi pribadi, atau pesan yang berisi lampiran yang dapat dijalankan.

Pesan atau situs web yang bertujuan untuk phishing informasi mungkin meminta Anda memasukkan:
  • Nama pengguna dan sandi
  • Nomor Jaminan Sosial
  • Nomor rekening bank
  • PIN (Nomor Identifikasi Pribadi)
  • Nomor kartu kredit lengkap
  • Nama gadis ibu Anda
  • Ulang tahun Anda
Apa yang seharusnya saya lakukan saat melihat penipuan phishing?
Yang terpenting, jangan pernah membalas email, tweet, atau pos mencurigakan dengan memberikan informasi pribadi atau finansial Anda. Selain itu, jangan mengisi formulir atau layar untuk masuk yang tertaut dari pesan tersebut.

Kebanyakan penyedia email, termasuk Gmail, memungkinkan Anda melaporkan email mencurigakan dan penipuan phishing. Untuk melaporkan phishing di Gmail, klik panah tarik-turun di samping “Balas” dan pilih “Laporkan phishing.”


Pilih opsi Laporkan Pesan Phishing untuk menyelesaikan proses.


Melaporkan pesan sebagai phishing akan mencegah pengguna tersebut mengirim lebih banyak email kepada Anda. Kami juga akan menggunakan laporan tersebut untuk membantu menghalangi serangan tersebut dan hal lain semacam itu.

Sumber: Google Support

Terimakasih Komentar Anda, Pesan KA Blog : Sekali-sekali Belajar Tidak Memasang Link di Komentar yah.
EmoticonEmoticon