Apa itu SERP?

AB | Apa itu SERP? - Setelah halaman web yang kita publish sudah di-crawl dan di-index oleh Google atau search engine, langkah selanjutnya adalah mencari posisi halaman web blog atau website tersebut didalam search index berdasarkan keyword yang kita cari melalui SERP atau Search Engine Result Page.

Jadi SERP atau Search Engine Result Page adalah hasil dari pencarian suatu keyword di search engine yang berupa daftar atau index halaman web.

Berikut adalah contohnya:

Satu hasil index di SERP terdiri dari (contoh satu hasil index di SERP bisa dilihat pada gambar dibawah):
  • Judul halaman web
  • URL halaman web
  • Snippet adalah rincian dari halaman web tersebut. Untuk Google biasanya mengambil informasi Snippet dari Meta Tag Description.

Posisi terbaik halaman web di SERP adalah pada urutan awal dari SERP, oleh karena itu diperlukan SEO Google untuk mengakomodasi kebutuhan ini. Pengertian ini adalah hal penting untuk hasil SEO / SEO Dasar.

SERP bisa hanya menghasilkan hasil pencarian dengan jumlah halaman web ratusan bahkan sampai milyaran halaman web. Masing-masing SERP hasil pencarian search engine memiliki persaingan yang unik, unik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Kualitas SERP dari hasil pencarian dengan keyword yang banyak dilakukan oleh pengguna search engine banyak menjadi incaran para blogger. Hal ini dikarenakan jumlah trafik yang cukup signifikan. Jika kita berhasil menempatkan blog atau website kita di halaman pertama atau bahkan di ranking 1 Google, maka jumlah trafik yang menuju blog atau website kita akan naik. Inilah gunanya SEO agar posisi blog atau website kita bisa berada di ranking 1 Google.

Posisi di SERP menjadi patokan para blogger untuk mengetahui kualitas teknik SEO dari blog atau website mereka. Semakin baik posisi SERP untuk blog atau website kita, maka semakin baik kualitas teknik SEO yang kita lakukan.

Itulah Catatan Apa itu SERP?. Semoga bermanfaat. Salam blogger.


Referensi : dasar-seo.com

Terimakasih Komentar Anda, Pesan KA Blog : Sekali-sekali Belajar Tidak Memasang Link di Komentar yah.
EmoticonEmoticon