Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

AB | Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Anda tentu sudah baca bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Google, postingan sebelum ini. Ini adalah kelanjutannya yaitu Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools.

Review sebentar, bahwa Google Webmaster Tools merupakan layanan gratis milik perusahaan search engine raksasa, Google yang memungkinkan kita untuk untuk memantau dan mengoptimalkan blog atau web kita agar dapat dicrawl dan diindex dengan baik oleh Google. Layanan ini juga memungkinkan untuk meminta search engine melakukan crawling terhadap blog atau web dan memantau 'kesehatan' suatu blog/web. Tentunya hal ini sangat penting manfaatnya bagi para blogger dalam melakukan optimalisasi blognya.

Untuk dapat menggunakan layanan Google Webmaster Tools anda harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun Gmail atau akun Google lainnya. Bagi yang belum memiliki akun Google silakan mendaftar terlebih dahulu.

Yang anda harus lakukan sebelumnya, jangan lupa sediakan minuman ringan atau kopi anget biar ngeblog santai. Baru kita melangkah selanjutnya.

Langkah-langkah cara mendaftar dan melakukan verifikasi blog di Google Webmaster Tools :
1. Tentunya anda harus buka blog anda bukan. Bila belum, silahkan buka dulu blog anda.
2. Silahkan menuju www.google.com/webmasters/tools/ lalu Login lah menggunakan akun Gmail atau akun Google anda.
3. Pada halaman Google Webmaster Tools , Klik tombol Add a Site lalu masukkan alamat blog anda yang ingin didaftarkan. Setelah itu klik Continue.


4. Lalu pada halaman Verify Ownership kita diminta untuk melakukan verifikasi blog. Ada 4 pilihan dalam melakukan verifikasi blog, yaitu :

Use your Google Analytics account
Menggunakan kode Google Analitycs pada blog anda

Add a DNS record to your domain's configuration
Menambahkan DNS record pada domain registrar atau hosting provider

Add meta tag to your site's home page
Menyisipkan kode meta tag yang disediakan kedalam kode HTML blog.

Upload an HTML file to your server
Kita akan diminta untuk mendownload sebuah file HTML yg disediakan
kemudian menguploadnya ke blog kita.
Saat ini AB lebih memilih Google Analytics. Walau banyak langkah-langkahnya tapi lebih detail. Silahkan pilih anda suka yang mana. Hal-hal mengenai Google Analytics nanti kita bahas lagi.

5. Setelah melakukan verifikasi dengan salah satu metode diatas, kembali ke halaman Verify Ownership lalu klik Verify.

Sekarang Blog anda sudah terdaftar dan terverifikasi di Google Webmaster Tools. Langkah selanjutnya agar blog lebih mudah dicrawl oleh spiderbot adalah dengan mensubmit sitemap blog anda ke Google Webmaster Tools. Sitemap digunakan untuk memberiahu search engine tentang suatu halaman blog atau web agar dicrawl. Dengan membuat dan mensubmit sitemap ke Google Webmaster Tools, blog anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk cepat dicrawl dan diindex search engine Google.

Adapun cara mensubmit sitemap ke Google Webmaster Tools adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke dashboard Google Webmaster Tools blog anda

2. Klik Site Configuration, lalu pilih Sitemaps.

3. Klik Submit a Sitemap, lalu masukkan sitemap blog anda. Setelah itu Klik Submit Sitemap.

Itulah langkah-langkah singkat bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools. Kalau ada yang kurang, silahkan ditambahkan di kolom komentar. Selamat mencoba. Salam Blogger.


Referensi: uzumaki-lovers.blogspot.com

Terimakasih Komentar Anda, Pesan KA Blog : Sekali-sekali Belajar Tidak Memasang Link di Komentar yah.
EmoticonEmoticon